Jumat, 30 Maret 2012

Pengertian AMD Prosesor


AMD adalah nama perusahaan yang bergerak dibidang industri (pabrik) semikonduktor yang bermarkas di Sunnyvale, California, USA (Amerika Serikat). AMD sendiri kependekan dari Advanced Micro Device. Nama lengkap perusahaannya adalah Advanced Micro Device. Inc. Beberapa produknya yang terkenal dibidang komputer adalah microprosesor dan chipset motherboard, serta IC (Integrated Circuit). Perusahaan ini didirikan pada tahun 1969 dan tetap beroperasi hingga sekarang (2008). Pabrik pertama berada di Austin, Texas, Amerika dan pabrik kedua berada di Dresden, Jerman yang ditetapkan untuk memproduksi prosesor Athlon.
Bahkan AMD dikenal sebagai perusahaan (penghasil prosesor golongan x86) terbesar kedua di dunia setelah Intel. Hingga sekarang, tahun 2008, Intel adalah pesaing utama perusahaan AMD dalam hal produksi mikroprosesor golongan x86.
Pada bulan Februari 1982, AMD menjalin kontrak dengan perusahaan Intel dan mendapatkan lisensi dari Intel untuk memproduksi mikroprosesor 8086 dan 8088, hingga akhirnya AMD juga memproduksi prosesor yang lebih baru yang diberi nama Am286. Tahun 1986 Intel memutuskan kontrak dengan AMD. Kasus pemutusan ini akhirnya diperkarakan di pengadilan.
Pada tahun 1991, AMD merilis lagi prosesor baru pengganti Am286, yaitu Am386 yang merupakan clone dari prosesor Intel 386. Selanjutnya, AMD terus memproduksi prosesor-prosesor yang lebih baru, antara lain Am486, dan Am5x86.
AMD melakukan gebrakan baru ke pasar dengan cara merilis prosesor buatannya sendiri, yaitu AMD K5 pada tahun 1996. Prosesor ini mendapat respon yang baik. Setahun kemudian, tahun 1997, AMD kembali merilis prosesor yang lebih baru, yaitu AMD K6. Prosesor ini memang dirancang untuk diadu dengan prosesor buatan Intel saat itu. Keunggulan prosesor-prosesor AMD terletak pada kemampuannya untuk di-overclock.
Selanjutnya, AMD merilis lagi prosesor-prosesor yang lebih baru, antara lain AMD K7, AMD K8 dan AMD K10. Pada tahun 2006, AMD berhasil mengakuisisi perusahaan Grafis terkenal asal Amerika yaitu ATI Tecnology.



.