Pengertian Devinisi Advertensi
A.Pengertian dari advertensi adalah suatu bentuk dorongan yang tidak
bersifat untuk meningkatkan permintaan atas suatu barang, jasa atau
lembaga penjualan melalui surat-surat langsung atau memakai media
sebagai media perbandingan (William J. Shultz).
Pengertian advertensi
adalah suatu bentuk penyajian dan promosi yang sifatnya umum/bukan
pribadi dari barang, jasa dan ide, yang dibayar oleh sponsor yang
dikenal, Philip Kotler (1987).
Berdasarkan pengertian tersebut diatas
maka advertensi tersebut dapat diuraikan sebagai berikut. Advertensi
bersifat non personal, yang berarti bahwa advertensi ditujukan kepada
konsumen dengan menggunakan suatu media, sehingga antara promotor dengan
target sasaran tidak dapat berdialog dengan langsung. Advertensi
mempromosikan dengan barang dan jasa. Advertensi menunjukkan adanya
sponsor yang dikenal. Advertensi memerlukan biaya (harus dibayar).
B. Personal selling
Personal selling adalah penjualan oleh perorangan
dapat didefinisikan sebagai suatu penyajian secara lisan dalam bentuk
percakapan dengan satu atau lebih calon pelanggan dengan maksud
mengadakan penjualan, Philip Kotler (1987). Berdasarkan pengertian
tersebut diatas, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa personal selling
dilakukan secara lisan dalam dalam bentuk percakapan antara tenaga
penjual dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan tujuan akhir
melakukan penjualan. Cara ini merupakan satu-satunya cara promosi yang
dapat menggungah hati pembeli dengan segera serta pada tempat dan waktu
itu juga diharapkan calon konsumen dapat mengambil keputusan untuk
membeli barang atau menggunakan jasa tersebut.
C. Publicity
Publisitas adalah merupakan dorongan yang bersifat tidak
perorangan terhadap permintaan suatu produk, jasa yang sifatnya
komersial didalam media yang dipublikasikan atau penyajiannya secara
tepat melalui televisi, radio yang tidak dibayar oleh sponsor, Philip
Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik
kesimpulan bahwa publisitas merupakan keterangan tentang suatu produk
tertentu yang disebutkan dalam bentuk berita, hal mana merupakan
keuntungan karena dalam pelaksanaanya tidak dibayar oleh sponsor.
D. Sales promosi
Promosi penjualan adalah suatu istilah yang dipakai
untuk menyatakan aktivitas-aktivitas yang melengkapi baik penjualan
perorangan maupun advertensi dan membuatnya efektif, Converse (1989).
Definisi promosi penjualan merupakan kegiatan-kegiatan pemasaran selain
penjualan oleh perorangan, advertensi dan publisitas yang mendorong
konsumen untuk membeli dan mendorong keberhasilan penjualan, Philip
Kotler (1987). Berdasarkan pengertian tersebut diatas, maka ditarik
kesimpulan bahwa promosi penjualan adalah kegiatan pemasaran yang
mendorong pembelian suatu penjulan untuk kembali apa yang disajikan pada
penjualan yang dilaksanakan.
.
Jumat, 30 Maret 2012
Pengertian Devinisi Advertensi
01.45